top-view-desk-concept-with-woman-hands_23-2148223097
5 Tips Paling Efektif Meningkatkan Minat Baca

Sejak kecil kita diajarkan untuk rajin membaca, terutama membaca buku. Memasuki fase sekolah, kita kian sering menerima nasihat ini. Bahkan hingga masuk dunia perkuliahan sekalipun telah menjadi pendidik. Banyak guru bangsa yang menekankan pentingnya membaca. Baik guru bangsa terkemuka di dunia maupun Indonesia. Kita pasti pernah membaca kata-kata bijaknya tentang membaca.

Dimulai dari filsuf, pegawai negeri, pengusaha, penulis, dosen dan banyak lagi. Membaca adalah kegiatan yang nyaman. Sebab, mencari informasi tentang manfaat membaca sangatlah mudah. Di masa sulit saat ini, Anda dapat memasukkan kata kunci “manfaat membaca” ke mesin pencari Internet. Dalam hitungan detik, berbagai artikel muncul mengulas manfaat membaca. Namun, banyak orang mengetahui manfaat membaca, tetapi meningkatkan dan membiasakan budaya membaca sangat sulit dipraktikkan.

Indonesia menjadi negara dengan minat baca rendah di dunia. Berdasarkan data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia hanya 0.0001% Dari 1000 orang Indonesia hanya ada  yang gemar membaca. Dalam survei Central Connecticut State University (CSSU) tahun 2016 silam, Indonesia menempati peringkat 60 dalam peringkat Most Littered Nation in the World.

Dalam hal ini tentu, banyak faktor membaca yang memengaruhi tinggi-rendahnya minat baca, di antaranya persepsi, motivasi, dan atensi secara individu. Sebab, tidak semua orang memiliki ketertarikan terhadap aktivitas membaca.

Sementara itu, faktor alin dari akses sumber bacaan, sarana dan prasarana, fasilitas yang mendukung, perkembangan teknologi, hingga kebijakan pemerintah yang mendukung tumbuhnya minat baca masyarakat. Jadi, lebih mengarah pada lingkungan di sekitar individu atau kondisi di luar individu.

Tips Meningkatkan Minat Baca

Meningkatkan minat baca perlu upaya yang serius. Bila tidak, masyarakat akan semakin jauh dengan kebiasaan membaca. Semakin hari semakin banyak menemukan berita hoaks dan ujaran kebencian di media sosial merupakan dampak dari rendahnya minat baca seseorang.

  1. Membaca Sesuai Keinginan

Tips pertama adalah tanamkan pada diri sendiri untuk ingin membaca. Cari alasan paling tepat untuk membaca buku. Membaca karena membutuhkannya. Bila Anda senang dengan bacaan di bidang sejarah, dalami buku-buku sejarah. Begitu juga dengan yang menyukai kajian agama, pendidikan, filsafat, ekonomi, atau bidang yang lain.

  • Simpan Buku di Tempat yang Sering Terlihat

Jika ingin meningkatkan minat baca, Anda bisa memajang buku di rumah untuk mendorong dan meningkatkan minat baca Anda. Jika Anda memiliki banyak buku di rumah, jangan sembunyikan di tempat yang sulit dilihat.

Letakkan buku favorit Anda di meja makan, kursi ruang tamu, atau kamar tidur Anda. Dengan demikian, Anda akan melihat banyak buku dan merangsang minat membaca Anda dan keluarga Anda di rumah.

  • Berusaha Menjadi Panutan

Jika sudah menjadi orang tua, salah satu tips mendorong minat membaca pada anak adalah dengan menjadi panutan yang baik bagi mereka. Anak-anak pasti akan meniru banyak kebiasaan orang tua mereka. Karena itu, Anda perlu memberi contoh dengan melakukan hal-hal yang baik, seperti membaca buku.

Pastikan untuk membaca buku secara teratur di depan anak-anak Anda. Juga, jangan lupa untuk mendiskusikan isi buku dengan anak Anda, terutama jika itu adalah buku yang menarik bagi mereka. Tunjukkan pada anak Anda bahwa membaca buku bisa membuat Anda bahagia. Hal ini dapat meningkatkan minat baca anak. Bagi guru, hal ini juga membantu meningkatkan minat baca siswa. Baca buku secara teratur di waktu luang Anda untuk memberi contoh bagi anak-anak di kelas Anda.

  • Mengetahui Manfaat Membaca Buku

Untuk memotivasi Anda membaca buku, memahami manfaat kegiatan ini akan meningkatkan minat baca buku. Dikutip dari Healthline, berikut banyak manfaat membaca buku akan didapatkan:

  1. Meningkatkan Konektivitas Otak
  2. Meningkatkan kosa kata dan pemahaman
  3. Bantu Anda berdiri di posisi orang lain
  4. Membantu menyiapkan tempat tidur
  5. Mengurangi stres
  6. Menurunkan tekanan darah dan detak jantung
  7. Melawan gejala depresi
  8. Mencegah penurunan fungsi kognitif yang berkaitan dengan usia.
  • Membeli Buku secara Rutin

Membeli buku juga bagian dari usaha meningkatkan minat baca. Membeli buku sudah termasuk kemuliaan dan membacanya adalah kemuliaan yang lain. Anda dapat mengumpulkan buku dengan membeli buku yang ingin Anda baca. Jangan ragu untuk menabung untuk membeli buku sebagai investasi masa depan. Dari rekomendasi yang kamu dapatkan, ini bisa menjadi referensi buku yang ingin kamu beli.

Jika Anda mencari bacaan bagus dengan harga terjangkau, bahkan dari tahun terbaru. Baik untuk koleksi pribadi maupun untuk program pengadaan buku-buku di perpustakaan. Dapatkan buku-bukunya di Literasi Nusantara. Semakin banyak pesanan, semakin besar diskon yang akan didapatkan.

Semoga tips di atas dinilai cukup ampuh untuk mengatur waktu dalam membaca. Dengan demikian kamu tidak perlu menghabiskan waktu membaca bacaan yang sebenarnya tidak menyenangkan atau tidak kamu butuhkan. Kamu bisa beralih ke bacaan lain yang sesuai. Setelah mengetahui tips mana yang paling efektif, mulailah membaca sekarang juga.

Editor: Febi Akbar Rizki

Baca Lainnya

Pentingnya Mikrobiologi
Mikrobiologi adalah cabang ilmu yang mempelajari mikroorganisme, yang meliputi bakteri, virus, fungi, dan protozoa. Mikroorganisme...
Panduan Lengkap dalam Menulis Bab 1 Skripsi yang Efektif
Pendahuluan: Menulis skripsi adalah salah satu tahapan penting dalam perjalanan akademik mahasiswa. Bab 1 skripsi...
Kiat Menulis Buku
Menghasilkan sebuah buku yang menarik perhatian dan memberikan dampak positif kepada pembaca adalah cita-cita setiap...